Pages

Senin, 18 Oktober 2010

Bagaimana Bisnis Menggunakan Sistem Informasi (Chapter 2)


Bagaimana Bisnis Menggunakan Sistem Informasi

Proses Bisnis
            Agar dapat berproses, bisnis harus berhubungan dengan banyak bagian berbeda dari informasi mengenai pemasok, pelanggan, karyawan, tagihan dan pembayaran, dan tentu saja produk dan jasa mereka. Sistem informasi adalah proses meningkatkan bisnis yang terletak pada inti bisnis. Proses bisnis adalah arus kerja dari bahan baku, informasi, dan pengetahuan seperangkat aktivitas. Proses bisnis juga mengacu kepada cara unik dimana manajemen memilih untuk mengkoordinasikan pekerjaan. Setiap bisnis dapat dilihat sebagai sekumpulan proses bisnis. Beberapa dari proses ini adalah bagian dari proses yang mencakup lebih besar.
Fungsi penjualan dan pemasaran bertanggung jawab dalam menjual produk atau jasa organisasi. Pemasaran memerhatikan mengenai mengenali pelanggan produk atau jasa perusahaan, menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan, merencanakan dan mengembangkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan, dan mengiklankan serta mempromosikan produk atau jasa ini. Penjualan berkaitan dengan menghubungi pelanggan, menjual produk dan jasa, mengambil pesanan, dan melanjutkan penjualan. Aktifitas ini dapat dianggap sebagai proses bisnis. Sistem informasi penjualan dan pemasaran (sales and marketing informationsistem).

Sistem manufaktur dan produksi berhubungan dengan perancanaan, pengembangan, dan pemeliharaan fasilitas produksi; penetapan sasaran produksi pengadaan, penyimpanan, dan ketersediaan bahan produksi; penjadwalan peralatan, fasilitas, bahan baku, dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membentuk produk untuk mendukung aktivitas ini. Dan informasinya, juga harus mengalir dengan cepat di dalam perusahaan, rekan bisnis (perusahaan pengiriman), dan tentusajapelanggan.

Sistem dan teknologi telah mengubah hubungan perusahaan dengan pelanggan, karyawan, pemasokan dan mitra logistik menjadi hubungan digital mengunakan jaringan dan internet. Begitu banyak bisnis kini dimungkinkan atau didasarkan pada jaringan digital hingga istilah bisnis elektronik (electronic business) dan perdagaangan elektronik (elektronic commerce). lahir pula e-government atau pemerintahan elektronik. jadi, pemerintahan pada setiap tingkatan, menggunakan teknologi internet untuk menyampaikan informasi dan pelayanan kepada masyarakat, karyawan, dan bisnis yang bekerja dengan mereka. e-government mengacu kepada aplikasi internet dan teknologi jaringan untuk secara digital memungkinkan hubungan pemerintah dan agen sektor publik dengan masyarakat, bisnis, dan perpanjangan pemerintah lainnya.
Ada empat jenis utama sistem organisasi dalam informasi kontemporer yang melayani manajemen koperasi, menengah, dan senior. Sistem yang melayani manajemen operasi antara lain sistem pengosesan tranksaksi (TPS). Aplikasi ini mencakup berbagai fungsi dan mengintegrasikan proses bisnis internal perusahaan ke dalam sebuah peranti lunak sehingga informasi bisa mengalir di sepanjang organisasi, meningkatkan koordinasi, efesien, dan pembuatan keputusan.sistem manajemen rantai pemasok untuk mengoptiamlkan perencanaan, pengadaan, produksi, dan pengiriman barang dan jasa manjemen hubungan pelanggan menggunakan sistem informasi untuk mengoordinasikan semua proses bisnis di sekitar interaksi perusahaan dengan pelanggannya untuk mengoptikan pendapatan perusahaan dan kepuasan pelanggan.

Departemen sistem informasi terdiri atas specialis, seperti programer (programmer), Analisis sistem (system analyst), pemimpin proyek, dan manajer sistem informasi. Ada cara alternatif untuk mengorganisasikan fungsi TI dalam perusahaan yang sangat kecil tidak akan mempunyai kelompok sistem informasi formal. Perusahaan yang lebih besar akan memiliki departemen sistim informasi yang terpisah yang dapat diorganisasikan bersama beberapa lini yang berbeda, tergantung pada sifat dan kepentingan perusahaan.

Peran Bisnis dan Sistem Informasi

 Bisnis harus berhubungan dengan banyak bagian berbeda dari informasi mengenai pemasok,pelanggan,karyawan ,tagihan dan pembayaran, dan tentu saja produk dan jasa mereka. sistem informasi memungkinkan perusahaan untuk mengelola seluruh informasinya,membuat keputusan yang lebik baik, dan meningkatkann pelaksanaan proses bisnis mereka.

Proses Bisnis

proses bisnis merupakan seperangkat aktivitas yang berhubunagan secara logis yang menjelaskan bagaimana tugas bisnis tertentu dilaksanakan, dan bisnis dapat dipandang sebagai sekumpulan proses bisnis. Proses bisnis adalah aliran kerja yang konkret dari bahan baku, informasi, dan pengetahuan. Proses bisnis ini juga menunjukkan cara yang unik  dimana perusahaan mengoordinasikan pekerjaan. Para manajer harus memerhatikan proses bisnis karena mereka menentukan seberapa baik perusahaan dapat menjalankan bisnisnya, sehingga menjadi sumberdaya yang potensial dari keberhasilan atau kegagalan strategi. Jadi perusahaan lebih fleksibel dan efesien dengan mengoordinasikan proses bisnisnya seara dekat, dan dalam beberapa hal mengintegrasikan proses ini sehingga berfokus pada manajemen sumberdaya dan layanan pelanggan efesien.
Pada setiap tingkat organisasi, sistem informasi mendukung area fungsional utama dari bisnis sistem penjualan dan pemasaran membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan produk dan jasa perusahaan, mengembangkan produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, mempromosikan produk dan jasa menjual produk dan jasa, dan memberikan dukungan pelanggan yang berkelanjutan. Sistem manufaktur dan produksi berhubungan dengan perencanaan, pengembangan, dan produksi barang dan jasa, dan mengendalikan aliran produksi. Sistem keuangan dan akuntansi menjaga data asset keuangan dan aliran dana perusahaan. Sistem SDM menjaga catatan karyawan,menelusuri kemampuan karyawan,kinerja dan pelatihan .
Ada empat jenis utama sistem dalam organisasi kontemporer yang melayani manajemen operasi, menengah, dan senior. Sitem yang melayani manajemen operasi antara lain sistem pemrosesan transaksi( TPS), seperti sistem penggajian dan pemesanan, yang melacak aliran transaksi rutin harian yang diperlukan untuk menjalakan bisnis. SIM dan DSS memberikan laporan dan akses ke kinerja perusahaan saat ini dan catatan histories pada perusahaan. Kebanyakan laporan SIM memadatkan informasi dari TPS dan benar-benar bersifat anlitis. DSS mendukung keputusan manajemen ketika keputusan ini unik, berubah dengan cepat, dan tidak dapat dispefikasikannya dengan mudah sebelumnya. DSS ini memiliki analitis dan kemampuan anlisis data yang internal. ESS mendukung manajemen senior dengan memberikan data kepentingan terbesar pada pembuat keputusan manajemen senior, sering kali dalam bentuk grafik maupun diagram yang dikirim melalui portal. ESS memiliki kemampuan analitis yang terbatas namun dapat menggunakan peranti lunak grafis canggih dan berbagai sumber informal eksternal dan internal.
Aplikasi perusahaan, seperti sistem perusahaan, manajemen rantai pasokan, sistem manjemen hubungan ppelanggan, dan sistem manajemen pengetahuan, didesain untuk menujang koordinasikan dan integrasi proses keseluruhan organisasi sehingga organisasi dapat beroperasi secara efesien. Aplikasi ini mencakup berbagai fungsi dan mengintegrasikan proses bisnis internal perusahaan ke dalam sebuah peranti lunak sehingga informasi bias mengalir di sepanjang organisasi, meningkatkan koordinasi, efesien, dan pembuatan keputusan.sistem manajemen rantai pemasok untuk mengoptiamlkan perencanaan, pengadaan, produksi, dan pengiriman barang dan jasa manjemen hubungan pelanggan menggunakan sistem informasi untuk mengoordinasikan semua proses bisnis di sekitar interaksi perusahaan dengan pelanggannya untuk mengoptikan pendapatan perusahaan dan kepuasan pelanggan. Sistem manajemen pengetahuan membuat perusahaan dan mengoptimalkan penciptaan, pembagian, dan distribusi pengetahuan untuk meningkatkan proses bisnis dan keputusan manjemen.

Jenis Sistem Informasi Bisnis

Pada pandangan pertama sulit untuk mengerti seluruh system yang berdeda pada bisnis,dan lebih sulit lagi untuk mengerti bagaimana berbagai system tersebut berhubungan satu sama lain.
Situasi rumit ini digabarkan dengan melihat pada seluruh system yang berbeda ini dari dua sudut pandang berbeda:sudut pandang fungsional yang mengenali system berdasarkan fungsi bisnis utama.dan sudut pandang yang mengenali system sebagai kelompok organisasi utama yang lainnya.

A.Sistem dari sudut pandang fungsional
Sistem ini terletak pada depertemen khusus,seperti akuntansi,pemasaran dan penjualan ,produksi,dan SDM.

B.Sistem penjualan dan pemasaran
      Sistem ini membantu manajemen senior untuk mengawasi pergerakan yang mempengaruhi produk baru dan kesempatan penjualan,mendukung perencanaan untuk produk dan jasa yang baru,dan mengawasi kinerja pesaing.

C.Sistem manufaktur dan produksi
       Sistem ini berhubungan dngan perencanaan,pengembangan dan pemeliharaan fasilitas produksi,penetapan sasaran produksi, pengadaan, penyimpanan, dan ketersediaan barang produksi.

D.Sistem keuangan dan akuntansi
      Fungsi dari sistem ini adalah mengelola asset keuangan perusahaan,seperti uang tunai,saham,obligasi,dan infestasi lainnya.

E.Sistem sumber daya manusia
     Bertanggung jawab untuk menarik, mengembangkan dan mempertahankan tenaga kerja perusahaan.

1 komentar:

  1. Sports Betting - Mapyro
    Bet the moneyline ventureberg.com/ from 1:25 PM to 11:00 토토 사이트 PM. See more. MapYO Sportsbook features live odds, live casinosites.one streaming, kadangpintar and 출장샵 detailed information.

    BalasHapus